Belajar Microsoft Word 2003
Pendahuluan
Microsoft Word
|
|
Versi rilis terbaru
|
12.0.6211.1000 (2007 SP1) / Desember 11, 2007
|
Jenis
|
|
Microsoft Word atau Microsoft
Office Word adalah perangkat lunak pengolah
kata (word processor) andalan Microsoft.
Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi
lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple
Macintosh (1984),
SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi
bagian dari Microsoft
Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.
Sejarah
1981-1990
Banyak ide dan
konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang
dikembangkan di Xerox
Palo Alto Research Center (PARC).
Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft
pada 1981. Simonyi
juga menggaet Richard Brodie dari PARC.
Pada 1
Februari 1983,
pengembangan Multi-Tool Word dimulai.
Setelah diberi
nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober
1983 untuk IBM PC. Saat itu
dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar.
Word memiliki
konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan
merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring
pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat
itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word
processor berbasis DOS
lain, seperti WordStar
dan WordPerfect, menampilkan hanya
teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak
tebal, miring, dan sebagainya.
Word untuk
Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya,
diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS,
yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun
belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba
untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh.
Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut
mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer.
Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi
dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.
Versi
selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini
mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug.
Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang
jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi
salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini
kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang
dirilis pada tahun 1989,
merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.
Tahun 1990-1995
Pada rentang
tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows
dirilis pada tahun 1989
dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun
selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for
Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya
sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga
merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar
pengolah kata.
Tahun 1996-1999
Tahun 1999-2001
Tahun 2002-2003
Pengenalan Ms.
Word 2003
1.2. Memulai Word 2003
Word 2003 baru dapat dijalankan apabila system operasi windows telah
kita aktifkan. langkah-langkah memulai bekerja dengan Word 2003 sebagai berikut
;
1. Aktifkan Komputer terlebih dahulu.
2. Klik tombol Start yang ada pada batang taskbar.
3. Muncul sejumlah menu, pilih All Program.
4. Klik Microsoft Office.
5. Klik Microsoft Office Word 2003.
6. Tunggu hingga tampil layar Microsoft Word yang masih kosong.
Microsoft
Word siap untuk digunakan.
1.3.
Mengenal Elemen Jendela MS-Word.
Setelah Word 2003 kita aktifkan, maka akan tampil
layar kosong dengan nama Document 1, seperti tampak pada gambar 2.
Menu Bar, berisi
daftar menu yang dapat kita gunakan, dimana menu ini mempunyai sub menu
masing-masing sesuai dengan fungsi dari menu induknya. Misalnya Menu File, maka
sub menu-nya berisi segala hal yang berkaitan dengan file, begitu juga dengan
menu yang lainnya. Standarnya menu ini terdiri dari Menu
File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table,
Windows dan Help tapi daftar menu juga dapat kita tambahkan sesuai
dengan keperluan kita. Menu ini dapat kita pilih dengan cara meng-klik nama
menu atau dengan tombol Alternate (ALT)+huruf yang bergaris bawah pada
menu secara bersamaan. Misal kita akan mengaktifkan menu file maka klik-lah
menu tersebut atau dengan menekan tombol ALT+F (tekan secara bersamaan).
2.3. Menandai
Teks (blok)
Jika kita ingin mengcopy, memindahkan, atau
menghapus sekelompok kalimat maka kita sebaiknya menandai teks tersebut
terlebih dahulu dengan tujuan untuk mempercepat proses. Menandai teks berarti
kita mem-blok suatu teks sehingga warnanya berbeda dengan yang lain. Menandai
suatu teks dapat kita lakukan dengan dua cara :
A. Menggunakan Keyboard, tombol yang digunakan adalah ;
Tombol
|
Fungsi
|
Shift+ →
|
Menandai
satu karakter disebelah kanan insertion point
|
Shift+ ←
|
Menandai
satu karakter disebelah kiri insertion point
|
Shift+ ↑
|
Menandai
satu baris ke atas
|
Shift+ ↓
|
Menandai
satu baris ke bawah
|
Ctrl+Shift+
→
|
Menandai
satu kata disebelah kanan insertion point
|
Ctrl+Shift+
←
|
Menandai
satu kata disebelah kiri insertion point
|
Ctrl+Shift+
↑
|
Menandai
sampai ke-awal paragraph
|
Ctrl+Shift+
↓
|
Menandai
sampai ke-akhir paragraph
|
Shift+End
|
Menandai
sampai ke akhir baris
|
Shift+Home
|
Menandai
sampai ke awal baris
|
Shift+PgUp
|
Menandai
sampai satu layar ka-atas
|
Shift+PgDwn
|
Menandai
sampai satu layar ke-bawah
|
Ctrl+Shift+Home
|
Menandai
sampai ke awal dokumen
|
Ctrl+Shift+End
|
Menandai
sampai ke akhir dokumen
|
Ctrl+A
|
Menandai
seluruh teks yang ada pada dokumen
|
B.
Menggunakan Mouse
Lakukan
|
Fungsi,
untuk memilih
|
Klik
tahan (drag) teks yang diinginkan
|
Sembarang
teks
|
Klik
ganda pada kata
|
Satu
kata
|
Klik
pada selection bar
|
Satu
baris
|
Drag
pada selection bars
|
Beberapa
baris
|
Tekan
CTRL lalu klik kalimat yang diinginkan
|
Satu
kalimat
|
Klik
ganda pada selection bar atau klik 3X pada bagian paragraph
|
Satu
paragraph
|
Tekan
ALT lalu drag mouse ke posisi yang dinginkan
|
Berbentuk
kolom
|
Catt. Selection
bar adalah bagian yang terletak di sebelah kiri margin kiri. Untuk membatalkan
penandaan suatu teks, kliklah disembarang tempat.
2.3.
Meng-copy, Menghapus & Memindahkan Teks
A. Meng-copy
Teks
Untuk meng-copy suatu teks dapat dilakukan dengan
cara sebagai berikut;
2. Tandailah teks yang akan dicopy
3. Klik menu Edit lalu klik Copy (atau klik icon copy )
4. Pindahkan titik sisip (insertion point) ke lokasi pengcopian.
5. Klik menu Edit lalu klik Paste (atau klik icon paste)
Selain cara tersebut di atas, Anda dapat juga
menyalin teks degan menggunakan mouse, berikut;
1. Tandai teks yang akan dicopy dengan mouse
2. Klik mouse kiri lalu drag teks
3. Klik mouse kanan lalu pilih Copy
4. Pindahkan mouse ke tempat yang akan dituju
5. Klik mouse kanan lalu pilih Paste
Atau dengan cara ;
1. Tandailah teks yang akan dicopy
2. Tekan Ctrl+Drag teks tersebut dan geser mouse kelokasi tujuan
peng-copian.
Atau dengan cara lain;
1. Tandailah teks yang akan dicopy
2. Tekan Ctrl+C
3. Bawa
insertion point ke daerah tujuan
4. Tekan Ctrl+V
B.
Menghapus Teks
Menghapus teks dapat kita lakukan sbb;
1. Tandailah teks yang akan dihapus
2. Klik menu Edit lalu klik Cut (atau klik icon Cut, gambar
gunting)
Atau dengan cara ;
Tandailah
teks yang akan dihapus
Tekan
tombol Delete
Untuk menghapus teks yang telah Anda pilih, dapat
juga dengan mengikuti langkah berikut ini.
1. Pilih
teks yang akan anda hapus.
2. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Clear, Contents Del atau tekan
tombol Delete.
C. Memindahkan Teks
Untuk memindahkan teks yang Anda pilih ke lokasi
yang baru, ikuti langkah berikut ini :
Tandailah
terlebih dahulu teks yang akan dipindahkan
Klik menu Edit lalu klik Cut (atau klik
icon Cut)
Pindahkan
penujuk sisipan (insertion point) ke daerah tujuan
Klik menu Edit lalu klik Paste (atau klik
icon Paste)
Atau dengan cara ;
Tandailah
terlebih dahulu teks yang akan dipindahkan
Drag teks
tersebut dan geser mouse kelokasi yang baru
Atau dengan cara lain;
Tandailah
terlebih dahulu teks yang akan dipindahkan
Tekan
Ctrl+X
Bawa
insertion point ke daerah tujuan, Tekan Ctrl+V
Untuk membatalkan perintah, dapat dilakukan sbb;
Klik menu Edit
Klik Undo
Atau cukup dengan meng-klik icon undo (gambar panah
melengkung ke-kiri yang terdapat pada toolbar standard). Atau dengan menekan
tombol Ctrl+Z
Untuk mengulangi perintah, dapat dilakukan sbb;
Klik menu Edit
Klik Redo
Atau ; cukup dengan meng-klik icon redo (gambar
panah melengkung ke-kanan yang terdapat pada toolbar standard).
TIPS untuk anda:
Jika anda membuat kesalahan selama proses
pengetikan, Anda dapat memperbaikinya dengan berbagai cara berikut ini :
• Tekan tombol BacksSpace untuk menghapus
satu karakter di kiri titik sisip.
• Tekan tombol Delete untuk menghapus karakter
di kanan titik sisip.
• Untuk melakukan pengulangan dari teks yang baru Anda ketik, pilih menu
Edit, Repeat Typing (Ctrl+Y).
• Untuk
menghapus teks yang baru saja Anda ketik, pilih dan klik menu Edit, Undo
Typing (Ctrl+Z) atau klik tombol Undo pada toolbar Standard.
• Untuk
pindah ke baris baru tanpa menyisipkan sebuah tanda paragraf, tekan tombol Shift+Enter.
2.4. Mencari dan Mengganti Teks
Pada suatu dokumen yang besar tentu kita akan
kesulitan untuk mencari suatu kata tertentu atau mencari sambil mengganti
kata/kalimat tersebut secara langsung. Anda jangan khawatir jika mengalami hal
ini, karena untuk tujuan ini Word 2003 telah menyediakan dua fasilitas, yaitu ;
Find dan Replace
Find, digunakan untuk mencari suatu kata/kalimat
tertentu berdasakan kriteria yang ditentukan. Untuk mengaktifkan fasilitas ini
kita tinggal klik menu Edit lalu klik Find, maka akan keluar
jendela find sbb;
keterangan :
1. Pada option Find what diisikan kata/kalimat yang akan di cari,
misal ‘aku’
2. Pada Search Option kita dapat menentukan arah pencarian yaitu
;
. All, mencari dari awal hingga akhir dokumen. (defaultnya ALL)
. Up, mencari keawal dokumen mulai dari posisi insertion point.
. Down, mencari keakhir dokumen mulai dari posisi insertion
point.
3. Pada option Search:, terdapat 5 metode yaitu ;
. Match case, mencari kata/kalimat yang betul-betul mirip dengan
kata/kalimat yang dicari.
. Find whole words only, mencari kata/kalimat tanpa memperhatikan
huruf besar atau kecil.
. Use wildcards, mencari kata/kalimat dengan menggunakan metode
wildcards (?). Misalnya kita mancari tiga digit huruf yang awal ‘ak’ maka
gunakan wildcards dengan cara ‘ak?’, maka seluruh kata yang terdiri dari tiga
karakter dengan huruf awalnya ‘ak’ akan ditemukannya. Metode pencarian ini memperhatikan
huruf kecil dan besar. Maka kata ‘AKU’ tidak akan ditemukan dengan metode ini,
karena menggunakan huruf besar sedangkan yang dicari adalah ‘ak?’ huruf kecil
dengan digit ketiganya bebas.
. Sounds like, mencari kata/kalimat yang mirip dan hampir mirip
dengan kata/kalimat yang dicari. Misalnya kita mencari kata ‘Aku’ maka kata
‘Ak’ juga akan ditemukannnya karena hampir mirip.
. Find all words forms, mencari seluruh kata/kalimat yang
mempunyai bentuk/format yang sama.
4. Setelah menentukan metode pencariannya, maka kliklah Find Next untuk
memprosesnya.
5. Jika pencarian selesai, maka akan muncul kotak pesan sbb;
6. Klik OK untuk menutup kotak dialog tersebut.
Replace, adalah suatu proses pencarian teks dengan cara
langsung menggantikan kata/kalimat yang dicari dengan kata/kalimat yang
ditentukan. Untuk menggunakan fasilitas, ikutilah langkah-langkah berikut ;
1. Klik menu Edit, lalu Klik Replace
2. Maka akan tampil jendela replace sbb;
3. Pada
option Find what kita ketikkan kata/kalimat yang dicari dan diganti.
Misalnya kita mencari kata ‘AKU’ dan ganti dengan ‘MY’, maka Ketikkan ‘AKU’
pada option ini.
4. Option
Replace with diisi dengan kata/kalimat pengganti. Pada contoh diatas
kita isi dengan ‘MY’
5. Klik Replace
untuk mengganti satu persatu, atau klik Replace All untuk mengganti
secara keseluruhan dan klik Find Next untuk mencari kata berikutnya.
6.
Sedangkan option lainnya sama dengan yang dijelaskan pada bagian Find diatas.
2.5.
Menyimpan Dokumen
Lembar kerja (document) yang kita buat dapat
disimpan pada harddisk atau disket dengan cara sebagai berikut ;
1. Pilih dan klik menu File, Save atau tekan Ctrl+S. Jika
Anda menyimpan document tersebut untuk pertama kali, kotak dialod Save As akan
ditampilkan seperti gambar dibawah ini ;
2. Pada tombol daftar pilihan Save in, pilih dan klik drive atau
folder yang diinginkan.
3. Pada kotak isian File name, ketikkan nama file yang Anda
inginkan.
4. Klik tombol perintah Save untuk memproses penyimpanannya.
Catatan ;
1. Dibawah pilihan Save in terdapat icon-icon alamat yang sering
digunakan untuk menyimpan data. Anda dapat langsung meng-klik icon tersebut
jika Anda ingin menyimpan data pada icon tersebut.
2. Jika diperlukan Anda juga dapat memilih jenis dan bentuk format
penyimpanan file pada tombol daftar pilihan Save as type.
Disamping cara diatas, kita juga dapat menyimpan
dokumen dengan langsung meng-klik icon save (gambar disket) yang terdapat pada
toolbar standar.
Creating Content
3.1. Insert and edit text, symbols and special
characters
a. Membuat, menyimpan dan Menutup Dokumen
Microsoft menciptakan suatu Dokumen kata sederhana
mengetik teks. Titik penyisipan menandai adanya teks akan tampak di dalam
dokumen itu. Manakala teks itu diketik di luar margin kiri, Kata memindahkan
teks kebaris berikutnya. Setiap menekan Enter hanya untuk memulai paragraph
baru, bukan sebuah baris baru.
Di dalam latihan ini, Anda memasukan teks ke dalam
suatu dokumen baru, penambahan sebuah symbol, simpan dokumen baru anda dan
tutup.
1. Pada Toolbar standard, klik New Blank Document. Suatu jendela dokumen
baru membuka.
2. Dengan tanda penyisipan pada awal dokumen yang baru, ketik teks baru
dan tekan enter.
b. Editing a Document
Di dalam latihan ini, anda akan mengedit teks di
dalam dokumen yang ada,. l menyispkan dan menghapus teks, membatalkan
penghapusan, copy dan paste, dan memindahkan sebuah paragraph.
1. Klik duakali untuk memilih kata, dan kemudian tekan Enter untuk
menghapus kata itu dan menggantinya dengan sebuah paragraph baru yang kosong.
2. Tekan End untuk memindahkan titik penyisipan ke akhir baris.
3. Tekan panah bawah empat kali, sambil menahan Ctrl. dan kemudian klik
di manapun paragrap yang anda pilih.
4. Tekan delete untuk menghapus kalimat
5. Pada standard Toolbar, klik tombol Undo untuk membatalkan teks yang
telah dihapus.
6. Setelah kita memilih kalimat, klik Tombol copy. Teks telah dicopy.
7. Tekan Ctrl+Home untuk menggerakkan titik sisip ke awal dokumen, dan
pada Standard toolbar, klik Tombol paste.
8. Pilih garis teks yang baru, dan pada Toolbar standard, klik tombol
Cut untu memotong.
9. Tekan Ctrl+End untuk menggerakkan titik penyisipan ke akhir dokumen,
dan kemudian tekan Enter untuk masuk ke baris baru.
10. Pada Toolbar standard , klik tombol Save. Word menyimpan perubahan
dokumen itu.
c. Menggunakan Text Entry Shortcuts
Di dalam latihan ini, anda akan menggunakan
AutoCorrect dan mengubah pengaturannya. Anda akan memasukkan AutoText Entry dan
membuat sebuah AutoText Entry yang baru.
1. Pada Menu Tools, klik Autocorrect Options. Kotak dialog Autocorrect
akan muncul, menampilkan Tab Autocorrect.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar