LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
PERBAIKAN REM CAKRAM TOYOTA
KIJANG AVANSA
DI PT.
BENGAWAN ABADI MOTOR
![]() |
Disusun
Guna Memenuhi Tugas Praktik Kerja Industri
Pada Program Keahlian Teknik Otomotif
Disusun Oleh :
SLAMET GUNTORO
NIS.
PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF
SMK MUHAMMADIYAH 2 ANDONG
2010/2011
|
PENGESAHAN
Laporan Praktik
Kerja Industri di PT. Bengawan Abadi Motor telah disetujui dan disahkan untuk
memenuhi syarat pelaksanaan Program Praktik Kerja Industri SMK Muhammadiyah 2
Andong Tahun Pelajaran 2010/2011.
Pada
hari :
Tanggal
:
|
Pembimbing Sekolah
Sunardi, S.Pd
|
Pembimbing DU/DI
Mulyono
|
Mengetahui
Kepala Program
Teknik Otomotif
Rohmad Afandi,
S.Pd
PERSEMBAHAN
Laporan Praktik Kerja
Industri ini, penyusun persembahkan kepada :
1.
Kepada
kedua orang tua, yang telah membesarkan saya dan mendukung semua kegiatan
sekolah saya.
2.
Kepada seseorang yang telah mendampingi saya selama saya menyusun
laporan ini.
3.
Kepada teman-teman yang telah mendukung saya.
4.
Kepada pembimbing yang telah membantu saya dalam menyusun laporan ini.
5.
Kepada karyawan yang telah memberi tuntunan dan petunjuk dan ilmu pada
waktu Praktik Kerja Industri.
6.
Kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam penyusunan laporan ini.
7.
Kepada Bapak Ibu Guru SMK Muhammadiyah 2 Andong.
8.
Kepada pembaca yang berbahagia.
MOTTO
1.
Tak ada kata sulit sebelum mencoba.
2.
Tekat, tekun, disiplin, jujur dan berdo’a adalah kunci keberhasilan.
3.
Kegagalan adalah kunci keberhasilan
4.
Berusaha saja tidak cukup bila tidak disertai dengan do’a.
5.
Percaya diri adalah cara untuk meraih kesuksesan.
6.
Buku
adalah jendela dunia.
7.
Kepandaian adalah harta yang tidak dapat dinilai dengan uang.
8.
Tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki diri kecuali sudah tiada
harapan
9.
Jangan beranggapan bila mati diumur tua anggapan kita mati dihari esok.
10. Bawalah “bekal” bila engkau
pergi
Bawalah “amal”
jika engkau mati
“Gunakan waktu
yang ada untuk berbuat baik”
KATA PENGANTAR
Puji syukur
kehadirat Allah SWT yang memberikan rahmat serta hidayah-Nya, sehingga penulis
dapat menyelesaikan Praktik Kerja Industri dan menulis laporan ini.
Praktik Kerja
Industri adalah suatu kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh siswa Program
Teknik Komputer dan Jaringan SMK Muhammadiyah 2 Andong dengan tujuan agar siswa
memperoleh pengetahuan dan keterampilan melalui kegiatan ini.
Dalam pelaksanaan Praktik Kerja Industri hingga penyusunan laporan ini,
penulis banyak mendapatkan bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis mengucapkan terima
kasih kepada yang terhormat :
1.
Bapak Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 2 Andong
2.
Bapak Ketua Program Teknik Otomotif.
3.
Bapak Koordinator Prakerin SMK Muhammadiyah 2 Andong.
4.
Bapak Agus Purwanto, selaku Pembimbing Praktik Kerja Industri.
5.
Bapak Suparjo selaku wali kelas.
6.
Bapak Sukadi selaku pemilik PT. Bengawan Abadi Motor.
7.
Seluruh karyawan PT. Bengawan Abadi Motor.
Penulis menyadari
bahwa laporan ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, saya sebagai
penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi
perbaikan laporan ini. Akhirnya penulis berharap semoga laporan ini dapat
bermanfaat bagi penulis dan pembaca.
Andong, …………….. 2010
Penulis
HALAMAN JUDUL ............................................................................... i
PENGESAHAN..................................................................................... ii
PERSEMBAHAN.................................................................................. iii
MOTTO .................................................................................................. iv
KATA PENGANTAR............................................................................. v
DAFTAR ISI........................................................................................... vi
DAFTAR GAMBAR ............................................................................. viii
BAB I PENDAHULUAN........................................................................ 1
- Latar Belakang Masalah.......................................................... 1
- Tujuan Pelaksanaan Praktik Kerja Industri............................. 1
- Manfaat Praktik Kerja Industri.................................................. 2
- Pelaksanaan Praktik Kerja Industri......................................... 2
- Dasar Pemilihan Tempat Praktik Kerja Industri..................... 3
- Sasaran Praktik Kerja Industri................................................. 3
- Metode Pengumpulan Data..................................................... 4
- Pembatasan Masalah............................................................... 4
BAB II DESKRIPSI LOKASI
PRAKERIN............................................ 5
- Sejarah Singkat Berdirinya Praktik Kerja Industri................. 5
- Struktur Organisasi .................................................................. 6
- Denah Lokasi Prakerin............................................................. 7
- Ruang Lingkup Usaha.............................................................. 7
- Disiplin Kerja............................................................................. 8
BAB III KAJIAN TEORI.......................................................................... 9
- Uraian ........................................................................................ 9
- Pokok Permasalahan............................................................... 9
BAB IV URAIAN HASIL PRAKERIN................................................... 10
- Identifikasi Kerusakan.............................................................. 10
- Alat dan Bahan.......................................................................... 10
- Cara Perbaikan ........................................................................ 10
- Cara Pemeriksaan.................................................................... 11
- Cara perawatan ........................................................................ 11
BAB V PENUTUP................................................................................. 12
- Kesimpulan................................................................................ 12
- Saran.......................................................................................... 12
DAFTAR PUSTAKA............................................................................. 13
LAMPIRAN............................................................................................. 14
DAFTAR GAMBAR





Suspensi Belakang
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Dengan cepat tumbuh kembangnya dunia usaha dan daya saing kerja dalam
dunia kerja, setiap sekolah dituntut untuk mengirim setiap siswanya untuk masuk
ke dalam dunia kerja guna mengetahui kerasnya dunia kerja atau dunia indsutri.
Dari hal tersebut maka pihak SMK Muhammadiyah 2 Andong berkewajiban
membekali siswanya dengan ketrampilan. Praktik salah satunya, yaitu dengan
Praktik Kerja Industri. Dengan ini siswa dapat membuktikan teori yang di dapat
di sekolah dengan dunia kerja sebenarnya. Selain itu siswa dituntut untuk
mengembangkan ilmunya dengan adanya Praktik Kerja Industri.
SMK Muhammadiyah 2 Andong ingin siswanya lulus dari sekolah memiliki
kemampuan yang ulet dalam dunia kerja. Maka dalam sistem kurikulum dimasukkan
mata pelajaran Praktik Kerja Industri sebagai syarat wajib lulus. Untuk
mewujudkan itu, maka pihak sekolah menggandeng pihak dunia usaha / industri.
B.
Tujuan Pelaksanaan Praktik Kerja Industri
1.
Tujuan Umum
Praktik
Kerja Industri adalah agar siswa dapat mendalam serta menambah ilmu pengetahuan
dalam bidang teknik otomotif. Diharapkan pula siswa dapat menambah kreatifitas
dalam menyikapi perkembangan teknik otomotif.
2.
Tujuan Khusus
a.
Agar siswa dapat merasakan kerasnya dalam dunia usaha/
dunia insutri.
b.
Agar siswa dapat menerapkan teori yang di dapat di
sekolah ke dunia usaha / dunia industri.
c.
Siswa dapat memperoleh wawasan baru dalam bidang
teknologi.
d.
Agar siswa dapat menganalisa dan memecahkan masalah
yang muncul di dunia usaha yang berkaitan dengan efektifitas dan efisiensi
proses kerja maupun kerusakan dan perbaikan dalam bidang otomotif.
C.
Manfaat Praktik Kerja Industri
1.
Manfaat Bagi Siswa
a.
Siswa dapat meningkatkan kreatifitas dalam bekerja.
b.
Siswa dapat memperoleh ilmu pengetahuan yang luas dalam bidang otomotif
di dunia usaha / dunia industri.
c.
Siswa dapat mengetahui betapa kerasnya dalam dunia kerja/ dunia
industri.
2.
Manfaat Bagi Perusahaan
a.
Siswa
yang Prakerin di perusahaan dapat membantu pelaksanaan perbaikan di bidang
otomotif, khususnya Tune-UP Konvensional Kijang 5K.
b.
Dapat
menyelesaikan pekerjaan dengan cepat karena ada tenaga tambahan.
c.
Dapat
menyalurkan ilmu bagaimana caranya kerja di dunia usaha.
D.
Pelaksanaan Praktik Kerja Industri
1.
Tempat Pelaksanaan Praktik Kerja Industri
Adapun tempat pelaksanaan Praktik Kerja Industri adalah di PT. Bengawan
Abadi Motor Jakarta.
2.
Waktu Pelaksanaan Praktik Kerja Industri
Adapun waktu pelaksanaan Praktik Kerja Industri adalah dari tanggal 02
Januari sampai dengan 28 Februari 2009.
E.
Dasar Pemilihan Tempat Praktik Kerja Industri
Tempat yang dipilih sebagai tempat Praktik Kerja Industri adalah PT.
Bengawan Abadi Motor, karena ada beberapa faktor, antara lain :
1.
PT. Bengawan Abadi Motor adalah salah satu bengkel
resmi di Jakarta.
2.
PT. Bengawan Abadi Motor adalah bengkel yang maju dan
berkualitas.
3.
Di PT. Bengawan Abadi Motor siswa dapat menerapkan
teori yang di dapat di sekolah dengan menggunakan SST dan keselamatan kerja.
F.
Sasaran Praktik Kerja Industri
Sasaran yang hendak dicapai selama pelaksanaan Praktik Kerja Industri
adalah :
1.
Siswa mampu memecahkan masalah dan perbaikan di bidang
otomotif.
2.
Menambah ilmu dan wawasan dalam bidang otomotif.
3.
Menerapkan teori yang di dapat di sekolah.
G.
Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data dalam menyusun Laporan Praktik Kerja Industri
ini ada beberapa cara diantaranya :
1.
Metode Observasi
Adalah
metode pengumpulan data pada obyek dengan cara mengumpulkan berbagai informasi
dengan cara terjun langsung ke tempat Praktik Kerja Industri untuk mengetahui
bagaimana cara memperbaiki Rem Cakram Kijang Avansa Toyota.
2.
Metode Interview
Adalah
metode pengumpulan data pada obyek dengan cara tanya jawab untuk mencari
jawaban dalam penyelesaian masalah, dengan cara menanyakan hal-hal mengenai
perbaikan dan perawatan Rem Cakram Kijang Avansa Toyota.
3.
Metode Pustaka
Adalah
metode pengumpulan data pada obyek dengan cara mencari jawaban yang tidak kita
ketahui melalui buku-buku tentang perbaikan dan perawatan Rem Cakram Kijang
Avansa Toyota.
H.
Pembatasan Masalah
Dalam pembahasan dari laporan ini sesuai dengan apa yang penulis
laksanakan selama Praktik Kerja Industri, maka dalam penyusunan laporan ini penulis
mengambil pokok bahasan pad pada permasalahan “Rem Cakram Kijang Avansa Toyota”.
BAB II
DESKRIPSI LOKASI PRAKERIN
A.
Sejarah Singkat Tempat Praktik Kerja Industri
PT. Bengawan Abadi Motor dibangun pada tanggal 18 Februari 1994. Pada
saat itu bengkelnya khusus bongkar pasang dan menambal ban. Setelah perjalanan
yang panjang, lama-lama usaha bengkel tersebut berkembang cepat.
Setelah hampir 1 ½ tahun bengkel menambah karyawan, sehingga karyawannya
menjadi lebih banyak. Bengkel tersebut hanya melayani mobil-mobil kecil tapi
sekarang mobil berat juga bisa ditangani.
Pada saat itu penghasilannya sangat kecil dan hanya cukup untuk makan
dan membayar 1 karyawan saja. Saat tahun 2008 usaha bengkelnya bertambah
menjadi pembuatan seng siap pakai. Disamping itu bengkel tersebut banyak
pengunjugn dan ramai karena tidak mematok harga yang mahal.
B.
Struktur Organisasi
Struktur Organisasi PT. Bengawan Abadi Motor
![]() |
Gambar 2.1. Struktur Organisasi
C.
Denah Lokasi Prakerin
![]() |
![]() |
||||
![]() |
|||||
![]() |
|||||
Gambar 2.2. Denah Lokasi Prakerin
D.
Ruang Lingkup Usaha
Di PT. Bengawan Abadi Motor
melayani antara lain :
1.
Servis.
2.
Ganti Oli
3.
Tune Up
4.
Over Houl
5.
Menambal ban
6.
Sparepart
7.
Stooring/Stouring
E.
Disiplin Kerja
1.
Masuk / mulai Prakerin pukul 08.00 WIB
2.
Istirahat pukul 11.30-13.00 WIB.
3.
Pulang praktik pukul 16.30 WIB.
4.
Wajib memakai wearpack yang ditentukan dari bengkel
pada waktu kerja dan bagi anak Prakerin tidak memakai wearpack dari bengkel tidak masalah. Tetapi
tetap harus memakai wearpack.
5.
Dilarang memakai fasilitas bengkel tanpa seizin
pemilik, atau bila pinjam kunci berupa apapun harus seizin yang punya atau yang
bersangkutan.
6.
Dilarang bermain pada waktu kerja.
7.
Apabila ingin meninggalkan tempat Prakerin harus minta
izin pemilik bengkel / pembimbing.
BAB III
KAJIAN TEORI
A.
Uraian
Fungsi suspensi adalah untuk menyerap getaran, osilasi dan kejutan dari
permukaan jalan, menopang body pada axle dan memelihara letak geometris antara
body dan roda-roda.
Suspensi
terdiri dari beberapa komponen yang diantaranya :
1.
Strut Bar
2.
Lateral Kontrol Road
3.
Bumper
4.
Suspensi Arm
B.
Pokok
Permasalahan
Penyetelan
pada suspensi merupakan salah satu pokok terpenting dalam kenyamanan pengendara
dan untuk menjaga body kendaraan supaya tidak cepat rusak.
Suspensi
yang terlalu keras akan membuat pengendara tidak nyaman, dan apabila suspensi
terlalu empuk akan membuat body dan ban cepat rusak.
Permasalahan
yang bisa terjadi pada sistem suspensi adalah suspensi bunyi, retak atau patah.
Jadi bila terjadi hal seperti di atas usahakan suspensi segera diganti.
BAB IV
URAIAN HASIL PRAKERIN
A.
Identifikasi Kerusakan
Salah satu masalah pada suspensi Mobil Toyota Avansa adalah saat shock absorber kurang baik
posisinya, perlu adanya perbaikan yang sangat mendetail, selain sebab shocker
yang diperiksa ada juga pegas-pegas yang perlu diperiksa.
B.
Alat dan Bahan
1.
Alat
a. Kunci 12
b. Kunci 14
c. Kunci 17
d. Kunci 19
e. Kunci 22
2.
Bahan
Satu
Unit Suspensi Belakang.
C.
Cara
Perbaikan
1.
Shock Absorber
Apabila salah satu shock absorber patah segera lakukan pergantian.
2.
Shock
Down
Apabila
salah satu pegas daun rusak, retak atau patah cara perbaikan satu-satunya
adalah dengan diganti.
D.
Cara
Pemeriksaan
1.
Cara pemeriksaan peredam kejut.
Yaitu
dengan cara menekan peredam kejut tersebut, bila terjadi daya balik yang
lembut, berarti peredam masih dalam keadaan baik.
2.
Memeriksa Isolator
Yaitu
dengan cara memeriksa bagian dari isolator dan susunannya dari adanya keretakan
atau patah, kerusakan berkelupas, aus dan sebagainya.
E.
Cara
Perawatan
1.
Perawatan
yang dapat dilakukan jika ada salah satu suspensi patah maka segera ganti
suspensi tersebut.
2.
Sebelum
melakukan perjalanan jauh periksalah suspensi dengan teliti agar nyaman dalam
perjalanan.
BAB V
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Laporan ini
dapat disusun sebagai bukti tertulis dari hasil tugas akhir yang telah kami
kerjakan dengan dilaksanakannya project work ini, kami harapkan dapat
memberikan pendidikan dan pelatihan yang menambah pengetahuan atau ilmu dan
keterampilan serta dapat meningkatkan kualitas kelulusan yang berkompetensi
tinggi.
B.
Saran
1.
Untuk Sekolah
a.
Tingkatkan pengajaran dan bimbingan dalam praktik.
b.
Sarana dan prasarana harap dilengkapi.
c.
Harap diperbanyak jam praktiknya.
2.
Untuk Siswa
a.
Belajarlah dengan giat khususnya dalam bidang otomotif.
b.
Patuhi dan taati peraturan yang sudah ditentukan oleh sekolah.
c.
Utamakan keselamatan kerja.
d.
Pakailah peralatan sesuai dengan fungsinya.
DAFTAR PUSTAKA
Daryanto,
2002. Teknik Merawat Auto Mobil Lengkap.
Bandung. Yiama Wijaya.







Tidak ada komentar:
Posting Komentar