FUNGSI MENU INSERT PADA Ms. EXCEL 2007
A. Microsoft
Excel
Microsoft
Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis
meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan
manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan
permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih
kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana
kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga
barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan
Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan,
tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh
permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan
(general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan
menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi
matematis ataupun logika pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan
yang komplek juga dapat memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh
Excel agar proses penggunaan lebih mudah.
1. Cara
memulai aplikasi Microsoft Excel 2007
Langkah-langkah:
1. Pilih
tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows.
2. Setelah
muncul tampilan menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office dan
Pilih Microsoft Excel.
3.
Muncul Gambar 1.1

Gambar 1.1
Tampilan
di layar saat Microsoft Office 2007 dijalankan
1.2
Mengenal Elemen-elemen Microsoft Excel 2007
Sebelum
melakukan pengolahan data pada Microsoft Excel, terlebih dahulu kita
harus mengetahui elemen-elemen yang ada di Microsoft
Exel
1) Judul
Judul
menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja
yang
aktif.
2) Office
Button
Berisi
barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya
membuat
dokumen
baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish
dokumen.
3) Akses
Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)
Merupakan
sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses
berkomunikasi
dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya.
4)
Toolbar
Merupakan
deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan
berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.
5) Help
Bila kita
ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut.
Ms Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang
dimaksud.
6) Lembar
Kerja (Workbook)
Baris ini
berisikan informasi halaman, section, letak insertion point dan
tombol pengendali.
7) Cell
8) Nomor
Baris
9) Nomor
Kolom
10) Nama Range
11)
Fungsi
12)
Penggulung vertical dan horisontal
Untuk
memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung layar
vertikal dan horisontal.
B. Fungsi
Menu Insert
Menu
Insert digunakan untuk menyisipkan sel,obyek atau fitur tertentu kedalam lembar
kerja.
Isi Menu
Insert :
- Cells : menyisipkan sel pada posisi kiri/kanan pointer atau menyisipkan baris/kolom baru.
- Rows : menyisipkan baris atau beberapa baris sekaligus.
- Columns : menyisipkan kolom atau beberapa kolom sekaligus.
- Worksheet : menyisipkan lembar kerja baru .
- Chart : menampilkan chart wizard untuk pembuatan grafik atau bagan .
- Symbol : menyisipkan karkter simbolik ( yang tidak terdapat dalam keyboard)
- Page Break : menyisipkan area batas halaman .
- Remove Page Break : menghapus tanda baca halaman .
- Name : menyisipkan fasilitas yang berhubungan dengan range.
10.
Comment : menyisipkan fasilitas pembuatan komentar.
11.
Picture : menyisipkan fasilita
gambar/objek.
12.
Diagram : menyisipkan fasilitas untuk
pembuatan diagram.
13.
Object : menyisipkan objek tertentu.
14.
Hyperlink : menanpilkan fasilitas
hyperlink.

Gambar 2.1
Menu Insert
a bisa tambah lagi ga?
BalasHapus