Angels Blog

Welcome To Uwie Blog....

Rabu, 30 Maret 2011

INSERT MS. EXCEL 2007



MAKALAH TIK
MENU UTAMA Ms. OFFICE EXCEL 2007 “INSERT”



 








Disusun oleh :
TITIN LESTARI
27
X-1


SMA MUHAMMADIYAH 04 ANDONG
2011
FUNGSI MENU INSERT PADA Ms. EXCEL 2007

A.     Microsoft Excel
Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan lebih mudah.
1. Cara memulai aplikasi Microsoft Excel 2007
Langkah-langkah:
1.  Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows.
2.  Setelah muncul tampilan menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office dan Pilih Microsoft Excel.
3.  Muncul Gambar 1.1








Gambar 1.1
Tampilan di layar saat Microsoft Office 2007 dijalankan
1.2  Mengenal Elemen-elemen Microsoft Excel 2007
Sebelum melakukan pengolahan data pada Microsoft Excel, terlebih dahulu kita harus  mengetahui elemen-elemen yang ada di Microsoft Exel
1) Judul
Judul menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja
yang aktif.
2) Office Button
Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat 
dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish 
dokumen.
3) Akses Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)
Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses 
berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya.
4) Toolbar
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.
5) Help
Bila kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut. Ms Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.
6) Lembar Kerja (Workbook)
Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak insertion point dan tombol pengendali.
7) Cell
8) Nomor Baris
9) Nomor Kolom
10) Nama Range
11) Fungsi
12) Penggulung vertical dan horisontal
Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung layar vertikal dan horisontal.

B.     Fungsi Menu Insert
Menu Insert digunakan untuk menyisipkan sel,obyek atau fitur tertentu kedalam lembar kerja.
Isi Menu Insert :
  1. Cells : menyisipkan sel pada posisi kiri/kanan pointer atau menyisipkan baris/kolom baru.
  2. Rows : menyisipkan baris atau beberapa baris sekaligus.
  3. Columns : menyisipkan kolom atau beberapa kolom sekaligus.
  4. Worksheet :  menyisipkan lembar kerja baru .
  5. Chart :  menampilkan chart wizard untuk pembuatan grafik atau bagan .
  6. Symbol : menyisipkan karkter simbolik ( yang tidak terdapat dalam keyboard)
  7. Page Break : menyisipkan area batas halaman .
  8. Remove Page Break : menghapus tanda baca halaman .
  9. Name : menyisipkan fasilitas yang berhubungan dengan range.
10.     Comment : menyisipkan fasilitas pembuatan komentar.
11.     Picture : menyisipkan fasilita gambar/objek.
12.     Diagram : menyisipkan fasilitas untuk pembuatan diagram.
13.     Object : menyisipkan objek tertentu.
14.     Hyperlink : menanpilkan fasilitas hyperlink.










Gambar 2.1 Menu Insert
DAFTAR PUSTAKA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar