
Efektivitas Karya Wisata
SMP N 1 Andong Ke Surabaya
Untuk Meningkatkan Wawasan Siswa
Kelas IX
Tahun 2010/2011
Karya
Tulis Ini Disusun Guna Memenuhi
Salah
Satu Syarat Kelulusan Ujian Praktek
Bahasa
Indonesia

Disusun
oleh :
Nama
: Muhammad
Asrori
Nomor
:
9867
Kelas :
IX C
SMP NEGERI 1 ANDONG
BOYOLALI
HALAMAN PENGESAHAN
HALAMAN PENGESAHAN
Karya tulis
ini telah disetujui dan disyahkan pada :
Hari
:
Tanggal
:
Guru Pembimbing
Triwiyono, S.Pd
NIP. 195108121979031012
|
Penulis
Muhammad Asrori
NIS.
9867
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
Gunardi, S.Pd
NIP. 195809261982031007
MOTTO
v
Orang yang tidak menyukai ilmu
tidak ada kebaikan padanya.
v
Sukses bukanlah suatu kebutuhan
belaka
v
Terciptanya cita-cita berkat
ketahanan dan disiplin
v
Ikatkan ilmu dengan penulisan
v
Kemenangan adalah hasil dari
berfikir.
HALAMAN
PERSEMBAHAN
Karya tulis ini saya kupersembahkan
kepada :
1. Ibunda dan Ayahanda yang telah merawat dan membesarkanku
2. Bapak Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Andong yang terhormat
3. Bapak dan Ibu Guru serta Karyawan SMP Negeri 1 Andong
4. Teman-teman seperjuangan dan adik-adik kelas I dan II yang kami cintai.
KATA
PENGANTAR
Puji syukur pantas kalian panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena
dengan rahmat-Nya kita bisa melaksanakan wisata ini dengan baik.
Dengan tersusunnya karya tulis ini penulis mengucapkan terima kasih
kepada :
1. Bapak Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Andong yang kami hormati.
2. Bapak Triwiyono, S.Pd yang telah memberikan pengesahan dan bimbingan
kepada penulis sebagai bekal penulis dalam menyusun karya tulis ini.
3. Bapak dan Ibu Guru yang telah memberi ilmunya kepada penulis dalam
menyusun karya tulis ini.
Buku informasi tentang wisata ke Surabaya
ini kami susun dengan tujuan membantu para peserta didik mampu mengenal dan
memahami kota Surabaya dengan demikian diharapkan peserta
didik nantinya mampu menghargai karya wisata di Surabaya.
Setelah apa yang kami lakukan di Surabaya,
kami bisa mengenal tentang Jembatan Suramadu, Museum Angkatan Laut, Planetarium
dan WBL (Wahana Bahari Lamongan). Dengan demikian kita dapat menambah informasi
tentang kota Surabaya.
Penulis,
DAFTAR
ISI
HALAMAN JUDUL ...................................................................................... i
HALAMAN
PENGESAHAN ......................................................................... ii
HALAMAN
PERSEMBAHAN ....................................................................... iii
KATA
PENGANTAR ..................................................................................... iv
DAFTAR
ISI.................................................................................................... v
BAB
I PENDAHULUAN .............................................................................. 1
A. Latar Belakang ..................................................................................... 1
B. Tujuan................................................................................................... 1
C. Manfaat................................................................................................. 1
D. Pelaksanaan.......................................................................................... 1
BAB
II KEGIATAN........................................................................................ 2
A. Waktu Kegiatan.................................................................................... 2
B. Sarana Kegiatan.................................................................................... 2
C. Peserta Kegiatan................................................................................... 2
D. Biaya Kegiatan...................................................................................... 2
BAB
III ISI...................................................................................................... 3
A. Jembatan Suramadu............................................................................... 3
1.1. Tujuan Dibuatnya Jembatan Suramadu........................................... 3
1.2. Manfaat Jembatan Suramadu ........................................................ 3
B. Museum Angkatan Laut dan Planetarium................................................ 3
1.1. Tujuan Dibuatnya Museum
Angkatan Laut...................................... 3
1.2. Bagian Yang Terdapat DI museum Angkatan Laut........................... 4
C. WBL (Wisata Bahari Lamongan)........................................................... 4
1.1. Berbagai Mainan Yang Ada
Di WBL.............................................. 4
1.2. Manfaat Dibuatnya WBL................................................................ 4
BAB
IV PENUTUP.......................................................................................... 9
A. Kesimpulan........................................................................................... 9
B. Saran.................................................................................................... 9
DAFTAR
PUSTAKA ...................................................................................... 10
LAMPIRAN
GAMBAR................................................................................... 11
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Penyusunan
Setelah kami diadakan karya wisata. Kegiatan itu
dilakukan sebagai dasar pembuatan karya tulis. Karya tulis adalah tugas wajib
yang dibuat dengan tujuan melengkapi tugas kelas IX.
Selain itu penulis sebagai pelajar juga ingin menambah
wawasan dan ilmu pengetahuan tentang dunia wisata.
B. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulis membuat karya tulis ini adalah :
1. Untuk memenuhi tugas sekolah
2. Untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang obyek wisata.
C. Manfaat
Karya tulis ini dibuat agar bermanfaat, antara lain :
1. Agar tugas dari Bapak maupun Ibu Guru dapat selesai
2. Dapat menambah wawasan
3. Dapat memperdalam ilmu mengenai objek wisata
4. Memberi gambaran tentang keindahan di Indonesia
D. Pelaksanaan
Pelaksanaan karya tulis ini dilaksanakan pada tanggal …………….. dengan
menggunakan bus 5 buah. Setiap bus terdapat beberapa pembimbing dan pengawas.
Bila sesuatu yang tidak diinginkan.
BAB
II
KEGIATAN
A. Waktu Kegiatan
Selasa s.d Rabu, 4 s.d 5 Mei 2010
Pukul 21.00 – 23.30 WIB
B. Sarana Kegiatan
Saat mengadakan karya wisata ini kami menggunakan 5
bus, fasilitas-fasilitas yang ada di bus antara lain :
1. Bus AC
2. TV dan VCD
C. Peserta Kegiatan
Dalam kegiatan ini diikuti olehj
beberapa peserta diantaranya :
1. Kelas II A : 40
2. Kelas II B : 40
3. Kelas II C : 40
4. Kelas II D : 40
5. Kelas II E : 39
6. Kelas II F : 38
D. Biaya Kegiatan
Dalam kegiatan ini para peserta membayar uang Rp.
230.000,-. Dan uang saku yang saya bawa adalah Rp. 95.000,-
BAB
III
ISI
A. Jembatan Suramadu
Pendahuluan
Jembatan Suramadu adalah jembatan yang menghubungkan kota Surabaya dan kota Madura. Jembatan ini
adalah jembatan terpanjang di Asia. Jembatan
ini terletak di sebelah timur pantai Surabaya/Selat Sunda.
1.1. Tujuan Dibuatnya Jembatan Suramadu
Jembatan ini dibuat oleh orang Indonesia. Jembatan ini dibuat
untuk sarana transportasi dari Surabaya
menuju ke Madura.
1.2. Manfaat Jembatan Suramadu
Jembatan ini dibuat untuk mempercepat transportasi
antara Surabaya
dan Madura, bukan hanya itu jembatan ini juga untuk tempat pariwisata.
Konstruksi
Jembatan Suramadu pada dasarnya merupakan gabungan
dari tiga jenis jembatan dengan panjang keseluruhan sepanjang 5.438 meter
dengan lebar kurang lebih 30 meter. Jembatan ini menyediakan empat lajur dua
arah selebar 3,5 meter dengan dua lajur darurat selebar 2,75 meter. Jembatan
ini juga menyediakan lajur khusus bagi pengendara sepeda motor disetiap sisi
luar jembatan.
Jalan layang
Jalan layang atau Causeway dibangun untuk
menghubungkan konstruksi jembatan dengan jalan darat melalui perairan dangkal
di kedua sisi. Jalan layang ini terdiri dari 36 bentang sepanjang 1.458 meter
pada sisi Surabaya dan 45 bentang sepanjang 1.818 meter pada sisi Madura.
Jalan layang ini menggunakan konstruksi penyangga PCI
dengan panjang 40 meter tiap bentang yang disangga pondasi pipa baja
berdiameter 60 cm.
Jembatan penghubung
Jembatan penghubung atau approach bridge menghubungkan
jembatan utama dengan jalan layang. Jembatan terdiri dari dua bagian dengan
panjang masing-masing 672 meter.
Jembatan ini menggunakan konstruksi penyangga beton
kotak sepanjang 80 meter tiap bentang dengan 7 bentang tiap sisi yang ditopang
pondasi penopang berdiameter 180 cm.
Jembatan utama
Jembatan utama atau main bridge terdiri dari tiga
bagian yaitu dua bentang samping sepanjang 192 meter dan satu bentang utama
sepanjang 434 meter.
Jembatan utama menggunakan konstruksi cable stayed
yang ditopang oleh menara kembar setinggi 140 meter. Lantai jembatan
menggunakan konstruksi komposit setebal 2,4 meter.
Untuk mengakomodasi pelayaran kapal laut yang
melintasi Selat Madura,
jembatan ini memberikan ruang bebas setinggi 35 meter dari permukaan laut. Pada
bagian inilah yang menyebabkan pembangunannya menjadi sulit dan terhambat, dan
juga menyebabkan biaya pembangunannya membengkak.
B. Museum Angkatan Laut dan Planetarium
Terletak di Moro Rembangan di Akademi Angkatan Laut Indonesia ke arah selatan dari Surabaya. Ini adalah Museum peralatan pertempuran Angkatan Laut Indonesia.
Juga satu koleksi planetarium dan astronavigadium. Buka setiap hari dari
08.00–14.00 WIB. Asal usul dari Museum Loka Jala Crana adalah berdasar pada 19
September 1969 dengan nama museum AKABRI LAUT, baru pada 10 Juli 1973 statusnya
adalah ditingkatkan menjadi musium TNI-AL. Pada 6 Oktober 1979 nama berubah
untuk menjadi MuseumTNI-AL Loka Jala Srana. Museum TNI-AL Loka
Jala Crana berada di Morokrembangan Surabaya di pusat Akademi TNI-AL (AAL)
(Indonesia Maritime Marine Military Academy) yang mendidik calon perwira TNI-AL
tingkat Academy dan Commando, TNI-AL Education (KODIKAL) yang mendidik kandidat
[dari] Tamtama, Bintara, calon perwira dari Bintara (CAPA) dan alumni perguruan
tinggi serta pendidikan lanjutan heroik. Itu kompleks adalah dikenali sebagai
"Bumi Moro" Surabaya.
Museum ini mendemonstrasikan dan menyelamatkan objek bersejarah yang dimiliki
serta diterapkan oleh TNI-AL selama revolusi fisik hingga sekarang dalam bentuk
jenis meriam kapal perang, pesawat, helikopter, artileri medan, KRI Dewa Ruci
monumen dan pertahanan udara air serta benda bersejarah lain seperti meriam
kapal "HRMS DE ZEVEN PROVINSIEN". KRI
DEWARUCI adalah jenis kapal layer tiang tinggi, milik TNI AL sering
melakukan angkutan laut dari kehendak baik untuk beberapa bulan dan perhentian
di/dalam kota pelabuhan di Asia, Afrika dan Eropa. KRI DEWA RUCI komandan satu
ditugaskan petugas dari Letnan kolonel dari kesatuan pelaut. Kru (ABK) adalah
berjumlah 75. Melakukan aktivitas rutin seperti praktek dari Kartika Jala Krida
(KJK) untuk Kadet Akademi Angkatan Laut (AAL) (Kadet dari Academy Maritime Military) tingkat III.
Disana tersedia bangunan planetarium untuk melihat tata surya (astronomi), Bima
Sakti. Planetarium adalah sebagai mendukung
fasilitas untuk belajar kadet (taruna) telah mensupply pengetahuan ketika
mereka melakukan suatu perjalanan di laut. Situasi dari bintang bisa menentukan
posisi mereka untuk tinggal meliputi pergantian dari waktu. Bagaimana gerakan
bintang pola calon arah dan waktu.
Pendahuluan
Di Surabaya juga ada Museum Angkatan Laut dan
Planetarium. Museum Angkatan Laut merupakan museum yang hebat dan bagus. Museum
ini menampung beberapa atau semua yang dipakai dalam perang.
Planetarium adalah tempat untuk melihat reaksi-reaksi
bintang. Museum/planetarium ini bentuknya bulat setengah.
1.1. Tujuan Dibuatnya Museum Angkatan Laut dan Planetarium
Museum ini guna untuk memenuhi pariwisata yang senang
dengan alat-alat/baju tempur yang dipakai pada waktu perang. Museum Angkatan
Laut merupakan museum yang menampung beberapa alat-alat perang yang meliputi,
roket, pistol, peluru, bom dan lain-lain.
Museum ini tidak hanya menampung alat-alat itu, museum
ini juga ada baju-baju perang yang diantaranya baju selam, baja, dinas, dan
baju perang.
1.2. Bagian-bagian yang Terdapat di Museum Angkaatan Laut Surabaya
Di dalam museum ada banyak tempat untuk menaruh benda
prasejarah itu. Tetapi saya hanya ingat 4 tempat yaitu :
1. Ruangan Senjata
2. Ruangan Baju
3. Ruangan Kapal
4. Ruangan Piagam
Planetarium
Planetarium merupakan tempat untuk melihat
reaksi-reaksi bintang pada malam hari. Planetarium ini bentuknya bulat setengah
dan di tengah ruangan itu ada alat yang bernama mesmofrofkop yang hebat, benda
ini bisa digunakan untuk melihat bintang-bintang.
C. WBL (Wahana Bahari Lamongan)
Pendahuluan
Wahana Bahari Lamongan ini adalah tempat yang paling
indah dan menarik, karena tempat ini ada mainan, tetapi mainannya di dekat
pantai yang indah.
Wisata
Bahari Lamongan atau disingkat WBL, adalah tempat wisata
bahari yang terletak di Kecamatan Paciran,
Kabupaten Lamongan, Jawa
Timur. Tempat wisata ini dibuka sejak soft opening tanggal 14
November 2004. Beberapa wahana unggulan tempat
wisata ini antara lain Istana Bawah Laut, Gua Insectarium, Space
Shuttle, Anjungan Wali Songo, Texas City, Paus Dangdut,
Tembak Ikan, Rumah Kaca, serta Istana Bajak Laut.
Obyek
wisata ini berada di jalur pantura Surabaya-Tuban,
serta berada di dekat sejumlah obyek wisata andalan di Jawa Timur, diantaranya Gua
Maharani, Makam dan Museum Sunan
Drajat, Makam Sunan Sendang Duwur, dan Tanjung Kodok Resort. Tidak
jauh dari WBL, sekitar 5 km arah timur, sudah dioperasikan kawasan berikat yang
dikenal dengan Lamongan Shorebase (LS). Sementara itu, sekitar 6
kilometer arah barat terdapat pelabuhan perikanan Nusantara di kecamatan
Brondong dengan tempat pelelangan ikan yang sangat dikenal di Jawa Timur.
Saat
ini Wisata Bahari Lamongan diperluas hingga mencakup Gua Maharani. Dimana Gua
Maharani sekarang tidak hanya menjadi tempat wisata Goa
saja tetapi telah dikembangkan sebagai tempat rekreasi kebun binatang (Zoo)
yang telah memiliki banyak koleksi binatang. Sehingga Goa Maharani sekarang
telah berubah nama menjadi Maharani Zoo & Goa.
1.1. Berbagai Mainan yang Ada
di WBL (Wahana Barahi Lamongan)
Di dalam Wahana Bahari Lamongan terdapat berbagai macam mainan, yaitu :
1. Gocard
2. Renang
3. Tronaido
4. Rumah Hantu
5. Rumah Kaca
6. dan lain-lain
tempat ini juga diminati banyak pengunjung asing. Di
dalam kita bisa melihat pemandangan yang hebat dan terumbu karang di pinggir
wisata yang kena ombak itu sangat bagus. Di sana juga ada mainan yang namanya Gocard, ini
juga bagus karena kita bisa bersenang-senang dengan teman.
1.2. Manfaat Dibuatnya WBL (Wahana Bahari Lamongan)
Manfaat dari WBL adalah kita bisa menikmati
pemandangan dan mainan-mainannya. Kita juga bisa tahu banyak hal tentang wisata
ini, misalnya :
BAB
IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dengan memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha
Esa atas limpahan rahmat-Nya pada kita sekalian, sehingga kita dapat menyusun
laporan ini. Semoga lamporan ini beguna bagi kita semua. Untuk lebih
meningkatkan pengetahuan kita tentang pariwisata di Indonesia.
Kami sebagai penyusun masih banyak kekurangan dan saya
sebagai penulis mengucapkan terima kasih atas pembinaan dari bapak guru yang
telah mengajarkan dan membimbing kami sehingga pembuatan laporan ini dapat
bermanfaat bagi kita semua. Bila ada kesalahan dalam pembuatan laporan ini saya
mohon maaf yang sebesar-besarnya supaya laporan ini dapat bermanfaat.
B. Saran
Kita harus berjuang membimbing anak kita supaya bisa menjadi yang
terbaik.
DAFTAR
PUSTAKA
7. http://www.jawapos.co.id/imgall/1/imgori/57840large.jpg
Lampiran
Gambar
![]() |
Jembatan Suramadu
![]() |
Museum Loka Jala
Crana
![]() |
Wisata Bahari
Lamongan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar